Tags:

Ciri Ciri Awal Orang Terkena HIV/AIDS

By Berita Unik → Minggu, 01 Desember 2013
Onthespotv7.com - Infeksi Human Imunodeficiency Virus (HIV) seringkali tidak disadari sebelum pengidapnya melakukan tes darah. Namun ada beberapa gejala khas yang mencirikan infeksi tersebut, antara lain diare kronis, sariawan dan berat badan turun.

Dalam banyak kasus, infeksi HIV baru diketahui ketika sudah muncul infeksi penyerta atau oportunistik. Infeksi oportunistik yang sering dialami pengidap HIV antara lain Tuberculosisi (TBC) paru, TBC ekstra pulmonari, pneumonia dan candidiasis oral atau sariawan.

Namun sebelum berbagai infeksi penyerta itu muncul, dokter sudah bisa mencurigai seorang pasien mengidap HIV jika menunjukkan beberapa gejala yang paling khas. Gejala paling khas tersebut adalah diare kronis, sariawan dan berat badan turun drastis.

HIV menyerang sel darah putih (sel CD4) dan mengakibatkan rusaknya sistem kekebalan tubuh. Hilangnya atau berkurangnya daya tahan tubuh membuat si penderita mudah sekali terjangkit berbagai macam penyakit termasuk penyakit ringan sekalipun. 

Ilustrasi (foto: Thinkstock)
Sementara AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah penyakit yang ditimbulkan sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia. 

HIV menular melalui hubungan kelamin dan hubungan seks oral, atau melalui anus, transfusi darah, penggunaan bersama jarum terkontaminasi melalui injeksi obat dan dalam perawatan kesehatan, dan antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui. 

Dan Berikut Ini adalah Ciri-ciri umum penderita HIV:
  • Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan
  • Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan
  • Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan
  • Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis
  • Demensia/HIV ensefalopati
  • Batuk menetap lebih dari 1 bulan
Baca Juga : Ciri-Ciri Hamil

Post Tags: