7 Film Tentang Sepakbola Rekomendasi Terbaik

By Unknown → Rabu, 04 Desember 2013
Onthespotv7.com - Berbicara mengenai industri sepak bola bukan hanya mengenai perlengkapan olahraga tersebut, seperti sepatu, kostum, decker, jersey, atau pelindung tulang kering. Kisah nyata atau kisah inspirasi yang diambil dari dunia sepak bola dapat menarik industri perfilman untuk mewujudkannya dalam sebuah film yang menghibur serta dapat menginspirasi orang banyak.

Berikut ini adalah tujuh film bertema tentang sepak bola yang wajib ditonton sepanjang masa, baik dengan genre drama, dokumenter maupun komedi yang dilansir dari situs EPL Talk. Berikut adalah tujuh film tentang sepakbola tersebut:

1. Escape to Victory (1981)

Genre: Aksi | Drama | Olahraga
Durasi: 116 Menit
Sutradara: John Huston
Pemain: Michael Caine, Sylvester Stallone, Pelé 
Tanggal Rilis:  30 Juli 1981
Plot Cerita: Film Victory bercerita pada sekelompok tahanan perang pihak sekutu yang ditantang oleh sejumlah tentara Jerman yang percaya bahwa laga ini akan menjadi langkah propaganda yang brilian. Tanpa direncanakan, laga ini malah menjadi kesempatan bagi mereka untuk melarikan diri. Film ini sangat kental dengan nuansa sepak bola klasik.

2. The Damned United (2009)

Genre: Biographi | Drama | Komedi
Durasi: 98 Menit
Sutradara: Tom Hooper
Pemain: Colm Meaney, Henry Goodman, David Roper
Tanggal Rilis: 27 Maret 2009
Plot Cerita: Film ini dibuat berdasarkan novel David Pearce pada tahun 2007 dengan judul yang sama, The Damned United, mengenai keberhasilan manajer sepak bola yang eksentrik, Brian Clough, di Derby County serta kisahnya saat 44 hari bertugas di Leeds United. Film ini dibintangi Michael Sheen sebagai Clough, dan Timothy Spall sebagai tangan kanannya, Peter Taylor. Meskipun buku dan film didasarkan pada kisah nyata, tetapi cara bertutur Pearce membuat pekerjaan ini begitu memikat.

3. The Firm (2009)

Genre: Drama
Durasi: 90 Menit
Sutradara: Nick Love
Pemain: Paul Anderson, Calum MacNab, Daniel Mays 
Tanggal Rilis: 18 September 2009
Plot Cerita: Film ini bercerita tentang kegiatan West Ham’s Inter City Firm serta tindakan kasar mereka selama tahun 1970-an dan 1980-an. Clive Bissel adalah seorang lelaki tua yang hidup dalam dua lingkungan, keluarga yang manis dan para suporter fanatik sepak bola. Sepanjang film, Bssel mencoba untuk mengombinasikan dua kehidupan utamanya itu, tetapi tidak berhasil. Lebih dari 20 tahun sejak dirilis, The Firm masih didapuk sebagai film tentang hooligans yang paling menentukan.

4. Fever Pitch (1997)

Genre: Drama | Komedi | Romantis
Durasi: 102 Menit
Sutradara: David Evans
Pemain:   Colin Firth, Ruth Gemmell, Luke Aikman 
Tanggal Rilis: 04 April  1997
Plot Cerita: Paul Ashworth, seorang guru sekolah London utara. Ashworth adalah penggemar fanatik Arsenal yang jatuh cinta dengan rekan sekerjanya. Film ini bercerita tentang bagaimana Ashworth untuk memperjuangkan dua cinta ini agar terus stabil. Pasalnya, dalam pengalaman Ashworth, keduanya selalu berbenturan. Situs EPL Talk mencatat, cara bertutur dalam film ini tidak sebagus bukunya.

5. Once in a Lifetime: The Extraordinary Story of the New York Cosmos (2006)

Genre: Dokumenter | Olahraga
Durasi: 97 Menit
Sutradara: Paul Crowder, John Dower
Pemain: Pelé, Giorgio Chinaglia, Matt Dillon |
Tanggal Rilis: 19 Mei 2006
Plot Cerita: Kebangkitan dan kejatuhan Liga Sepak Bola Amerika Utara dan tim raksasa AS, New York Cosmos, berjalan bersamaan. Film ini bercerita tentang awal berdirinya Cosmos pada akhir 1960-an sampai kemudian berakhir pada tahun 1985. Keserakahan, tujuan, dan perempuan menjadi formula kisah indah dalam film ini.

6. Zidane: A 21st Century Portrait (2006) 

Genre: Dokumenter | Olahraga
Durasi: 90 Menit
Sutradara: Douglas Gordon, Philippe Parreno
Pemain: David Beckham, Zinédine Zidane 
Tanggal Rilis: 29 September 2006
Plot Cerita: Film dokumenter tahun 2006 ini bercerita tentang pertandingan 90 menit yang dilakoni salah satu bintang legendaris dunia, Zinedine Zidane. Kisah Zidane difilmkan dalam laga Real Madrid melawan Villareal pada 23 April 2005 dengan menggunakan 17 kamera yang disinkronkan dengan gerakannya selama pertandingan, bahkan pada saat diam.

7. The Two Escobars (2010)

Genre: Olahraga
Durasi: 104 Menit
Sutradara: Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist
Pemain:  María Ester Escobar, Francisco Maturana, Alexis García V. 
Tanggal Rilis: 22 Juni 2010
Plot Cerita: Film yang diambil dari kisah nyata ini bercerita tentang dua orang Kolombia, yang satu adalah pemain sepak bola, satu lagi adalah anggota mafia obat-obatan terlarang. Si pemain, Anders Escobar, memimpin perkembangan permainan tim nasional Kolombia di lapangan dan menjadikan tim mereka menjadi tim kuda hitam dalam Piala Dunia 1994. Sementara itu, si ketua geng kartel narkoba, Pablo Escobar, memimpin Kolombia ke dalam perang berdarah di jalanan yang berjuang untuk mengukuhkan kekuasaan.

Source and image : imdb.com, wikipedia, EPL Talk.
Baca  Juga : Film Tentang Musik yang Wajib Anda Tonton