5 Film Agama yang Mengundang Kontroversi

By Unknown → Kamis, 26 Desember 2013
Film Tentang Agama - Film yang di adaptasi dari kitab injil 'Noah' yang disutradarai Darren Aronofsky baru bisa ditonton di bioskop 2014 mendatang. Akan tetapi kontroversi sudah timbul dari film drama berdana besar itu. Test screening yang dilakukan Paramount dengan menampilkan penganut Yahudi, Kristen, dan penonton umum telah memicu reaksi yang menggiring pada spekulasi isi film tersebut.

'Noah' bukanlah film pertama yang mengundang reaksi dari kelompok agama. Dan berikut ini film-film bertema agama lainnya yang mengundang kontroversi dan perdebatan setelah dirilis di bioskop.

1. The Da Vinci Code (2006)

The Da Vinci Code
Baik novel maupun filmnya, 'The Da Vinci Code' memicu kemarahan umat Katolik karena menampilkan cerita bahwa Yesus dan Maria Magdalena memiliki putri yang merupakan bagian dari fakta-fakta yang ditutupi gereja selama 200 tahun.

Dalam film, Tom Hanks berperan sebagai Robert Langdon, profesor dari Universitas Harvard yang menguasai simbol dan religious iconography Ia menjadi korban konspirasi atas meninggalnya kurator Museum Louvre, Jacques Sauniere.

2. The Passion of the Christ (2004)

 The Passion of the Christ
Film yang disutradarai Mel Gibson ini menampilkan 12 jam terakhir dari hidup Yesus Kristus. Selain karena konten kekerasan, 'The Passion of the Christ' juga mendapat gelombang protes dari penganut Yahudi karena golongan mereka seolah-olah dipersalahkan atas kematian Yesus.

Namun, meskipun diprotes di berbagai negara, film ini sukses di box office dengan pendapatan US$ 600 juta di seluruh dunia.

3. Dogma (1999)

Film Tentang Agama
Dogma 
Film arahan sutradara Kevin Smith ini memunculkan gelombang protes dari penganut Katolik karena cerita dua malaikat yang ingin kembali ke surga. Dalam skenario film, cerita berputar di sekitar Gereja Katolik dan menyinggung kepercayaan penganut Katolik.

'Dogma' tak hanya menimbulkan protes terorganisir di banyak negara, dan penundaan jadwal rilis. Setidaknya ada dua ancaman pembunuhan terhadap Smith dan surat-surat berisi kebencian yang dikirim kepadanya. Lucunya, Smith juga ikut dalam grup protes di New Jersey untuk menggugat filnnya sendiri
Ben Affleck, Matt Damon, Linda Fiorentino, Alan Rickman, Bud Cort, Salma Hayek, Chris Rock, Jason Lee, George Carlin, Janeane Garofalo, Alanis Morissette, dan Jason Mewes adalah daftar pemeran utama dalam film.

4. The Last Temptation of Christ (1988)

Film Tentang Agama
The Last Temptation of Christ
The Last Temptation of Christ adalah film drama fiksi tahun 1988 yang disutradarai Martin Scorsese. Film ini merupakan adaptasi dari novel kontroversial tahun 1953 berjudul sama karya Nikos Kazantzakis. 

Film yang keseluruhan syuting mengambil tempat di Monako itu menampilkan Willem Dafoe sebagai Yesus Kristus, Harvey Keitel sebagai Yudas Iskariot, Barbara Hershey sebagai Maria Magdalena, David Bowie sebagai Pontius Pilate, dan Harry Dean Stanton sebagai Paul.

Sama seperti novelnya, 'The Last Temptation of Christ' menggambarkan kehidupan Yesus Kristus dan perjuangannya melawan berbagai macam bentuk godaan seperti rasa takut, ragu, depresi, keengganan dan nafsu. 
Film juga menggambarkan Kristus tergoda dengan membayangkan dirinya terlibat dalam kegiatan seksual, suatu gagasan yang telah menyebabkan kemarahan dari beberapa orang Kristen. Film ini termasuk berangkat dari penggambaran Alkitab yang diterima secara umum tentang kehidupan Yesus, dan tidak didasarkan pada Injil.

Scorsese menerima nominasi Academy Award untuk Best Director, dan kinerja Hershey sebagai Maria Magdalena meraih nominasi Golden Globe untuk Aktris Pendukung Terbaik nominasi, sedangkan kinerja Keitel sebagai Yudas Iskariot membuatnya mendapatkan Golden Raspberry Award untuk nominasi Aktor Pendukung Terburuk.

5. Monty Python's Life of Brian (1979)

Film Tentang Agama
Monty Python's Life of Brian
"So funny it was banned in Norway!" demikian tagline di film ini. 'Monty Python's Life of Brian' adalah film komedi Inggris arahan sutradara Terry Jones tentang grup komedi Monty Python (Graham Chapman, John Cleese, Terry Gilliam, Eric Idle, Terry Jones dan Michael Palin).

Film menceritakan Brian Cohen, anak muda penganut Yahudi yang lahir di hari yang sama dan berdekatan dengan Yesus Kristus, lalu tak sengaja disangka Sang Juru Selamat. Film ini berisi komedi satir yang kontroversial ketika dirilis pada 1979, hingga menyebabkan gelombang protes di berbagai negara.
Baca Juga : Film Korea Romantis