Ulat Bulu Paling Berbahaya di Dunia

By Unknown → Rabu, 17 Juli 2013
Ulat merupakan hewan yang paling tidak disukai kebanyakan orang. Alasannya mungkin karena ulat memiliki bulu-bulu yang membuat kulit gatal jika bersentuhan.

Meski memang dianggap hewan yang menyebalkan, namun tahukah Anda jika ulat-ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu ini memiliki banyak sekali bentuk yang luar biasa cantik dan indah. Namun dibalik tersebut terdapat racun yang berbisa sehingga membuat ulat - ulat tersebut dianggap ulat yang paling berbahaya di dunia.

Penasaran seperti apa berbisanya ulat tersebut? Berikut ini ada 10 ulat yang sangat cantik dan menyeramkan namun ternyata berbahaya jika disentuh oleh kulit manusia (kapanlagi.com).

1. Ulat Karnivora


Meskipun ulat bulu ini tidak akan memakanmu, namun dia rupanya memakan sesama serangga dan beda dengan kebanyakan ulat yang biasanya vegetarian pemakan daun. Ulat ini cukup menyeramkan karena memiliki bentuk mulut berduri dan terbuka yang membuat serangga enggan mendekatinya. Apa kamu mau menyentuhnya?

2. Ulat Cedar Putih


Berikut adalah ulat yang tentu saja harus kamu hindari, terutama bentuknya yang seperti kaktus kecil dan bisa merangkak. Karena ulat cedar putih ini bisa menimbulkan reaksi gatal saat disentuh. Seramnya, ulat ini suka mengeroyok satu pohon sekaligus bersama-sama sampai tak ada daun yang tertinggal.

3. Ulat Hickory Tussock


Ulat ini mungkin tampak seperti seseorang yang memakai pakaian musim dingin tebal dan norak. Karena memang bulunya yang tebal dan rupanya tidak terlalu berbahaya. Yang berbahaya justru adalah empat lembar rambut panjang, dua di depan dan dua di belakang. Menyentuh ulat ini bisa menimbulkan ruam dan masalah medis serius serta yang menyeramkan adalah dia bisa menggigit.

4. Ulat Ngengat Io


Mulai sepanjang kawasan Kanada sampai Florida, ulat ngengat io bisa kamu temukan. Ulat ini berbentuk seperti gumpalan lucu berwarna hijau dengan tanduk-tanduk seperti paku yang menonjol. Mungkin cukup menyenangkan untuk dilihat, namun tidak untuk disentuh karena bisa menyebabkan gatal-gatal menyakitkan di tubuhmu.

5. Ulat Bag Shelter


Ulat Bag Shelter banyak ditemukan di kantong-kantong ulat sutra dan keluar di malam hari. Ulat ini dianggap cukup berbahaya bagi kesehatan di kawasan Amerika Selatan. Racun yang berasal dari mereka adalah dari bulu anti-koagulan yang bisa mengakibatkan pendarahan hebat saat luka.

6. Ulat Cinnibar



Ulat cinnibar ini memiliki racun yang rupanya didapatkan dari bagian tanaman yang emreka makan yakni tumbuhan ragwort beracun. Bulu-bulu ulat cinnibar ini bisa menyebabkan ruam dan jika kamu sensitif pada ulat bulu, bisa menimbulkan asma sampai gagal ginjal karena diakibatkan oleh ragwort itu sendiri.

7. Ulat Ek Berduri


Ulat ini mungkin tak terlalu beracun bagi manusia, meski akan menimbulkan ruam jika kamu terkena bulu-bulu gatalnya. Ulat ini memiliki tiga pasang duri seperti tanduk besar di bagian depan dan dua pasang di bagian belakang. Disebut ulat ek berduri karena memang ada semacang tonjolan berduri di sepanjang punggung.

8. Ulat Sengat Mawar


Ulat sengat mawar memiliki bentuk yang fantastis dan ditemukan di kawasan hutan timur Amerika. Ulat ini memiliki warna kuning merah dan bentuk menonjol di sebagian tubuhnya. Jika kamu tak sengaja menyentuh duri hitamnya, kamu bisa mengalami iritasi kulit. Namun meski beracun, ulat ini rupanya penting bagi ekosistem saat sudah bermetamorfosis menjadi ngengat.

9. Ulat Saddleback


Kamu dengan mudah bisa mengenali ulat saddleback karena warnanya yang konyol dan terang. Ulat ini memiliki bentuk tanduk berdaging menonjol di tubuhnya yang ditutupi bulu beracun. Saat menyentuh kulitmu, maka kamu bisa mengalami nyeri seperti sengatan lebah dan menimbulkan bengkak, mual, dan ruam.

10. Ulat Kucing


Ulat ini diberi nama ulat kucing (lazim juga disebut ulat flanel menyengat) karena memiliki bulu panjang dan lebat seperti bulu kucing. Ulat ini memiliki duri beracun yang tersembunyi yang jika mengenai kulitmu akan memberikan racun berbahaya. Sengatan ulat kucing bisa menimbulkan nyeri berdenyut dengan cepat, sakit kepala, mual dan bisa bertahan sampai 5 hari. Ulat ini dianggap paling beracun di kawasan Amerika Utara dan Tengah