Inilah 5 Dampak Buruk Begadang Terhadap Psikologi

By Unknown → Rabu, 03 Juli 2013
Onthespotv7.com - Dampak Buruk Bergadang - Bergadang bagi beberapa orang sepertinya telah menjadi sebuah kebiasaan. Bagi kawula muda semenjak maraknya penggunaan internet dan situs jejaring sosial telah menambah jumlah orang yang suka bergadang.

Tahukah Anda tanpa kita sadari, begadang selain berdampak buruk bagi kesehatan juga dapat menyebabkan kita kehilangan beberapa hal yang berharga dari dalam diri kita. Efek begadang secara psikologis mengakibatkan kita menjadi pribadi yang kurang mampu untuk mengendalikan diri dan emosi, lekas marah dan juga  tersinggung, kurang kosentrasi dan juga menjadi kurang produktif dan masih banyak lagi pengaruh psikologis lainnya yang kurang baik bagi diri kita.

Dibawah ini merupakan beberapa dampak dari begadang itu sendiri bagi kesehatan psikologis kita.
Baca Juga Dampak Begadang Bagi Kesehatan atau Kebiasaan Penyebab Impoten.

1. Begadang Mempengaruhi Ingatan.

Siklus tidur pada malam hari berperan dalam menguatkan memori dalam pikiran. Jika tidak cukup tidur ditambah dengan kebiasaan merokok di malam hari , maka kemampuan mengingat hal-hal yang dialami akan menurun atau kita akan menjadi pelupa. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukkan bahwa ada peristiwa dalam otak yang disebut “sharp wave ripples” diman itu bertanggung jawab untuk menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, dimana kenangan jangka panjang disimpan dengan , dan Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur kita tidur.

2. Pengaruh Begadang Terhadap Konsentrasi.

Begadang juga dapat menyebabkab seseorang itu menjadi orang yang cenderung kurang teliti atau ceroboh. Seperti yang diungkapkan oleh para ahli, kurang tidur akan membuat kemampuan motorik melambat dan menyebabkan kita menjadi kurang gesit. Akibatnya, kita menjadi sering gugup, ceroboh dan terkadang kita akan menabrak atau menumpahkan sesuatu tanpa disengaja. Hal itu terjadi karena  refleks kita telah berkurang dan juga karena kurangnya konsentrasi kita sehingga menjadi kurang fokus.

3. Pengaruh Begadang Terhadap Perasaan Manusia.

Perasaan gelisah atau yang sekarang biasa disebut galau akan setiap malam pasti akan terus menghantui para “penggemar” begadang yang memiliki kualitas tidur buruk dan reaksi tubuh pun bisa menurun. Orang yang kurang tidur pun akan merasa kurang bahagia karena tidur dan suasana hati itu diatur oleh zat kimia otak yang sama (Joyce Walsleben, PhD) sehingga disaat seseorang kekurangan tidur, maka kemungkinan besar juga ia merasa kurang bahagia.

4. Pengaruh Begadang Terhadap Mood.

Keseringan bergadang akan membuat mood kita akan mudah berubah. Orang yang sering begadang ini, akan memiliki kecenderungan untuk mudah marah karena hal hal sepele karena tingkat emosi yang tidak stabil.

5. Begadang Meningkatkan Tingkat Depresi Hidup.

Inilah yang paling sering dialami orang yang suka bergadang. Para peneliti dari Universitas Pennsylvania Studi pada tahun 1997 melakukan studi dimana melaporkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari dapat menyebabkan stress, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi. Gangguan tidur yang paling umum yaitu insomnia yang memiliki kaitan kuat dengan depresi. Dalam studi tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang, terungkap bahwa pengidap insomnia 5 kali lebih rentan depresi. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala pertama depresi. Insomnia dan tidak nafsu makan akibat depresi saling berhubungan. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan depresi membuat anda lebih sulit tidur.

Selain daripada yang disebutkan diatas pengaruh buruk begadang adalah menurunnya produktivitas manusia dan menghambat kita dalam meraih kesuksesan. Salah satu ciri orang yang sukses adalah orang yang disiplin dalam hidupnya. Bagaimana Kita mau sukses jika bangun tidur saja kesiangan. Untuk mengatasi kebiasaan bergadang buat Anda yang terlanjur suka bergadang ada baiknya untuk kembali mengatur jadwal dan kegiatannya sehari hari. Jika memang begadang itu diakibatkan banyaknya tugas dan juga pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu, maka ada baiknya pekerjaan itu dicicil sedikit demi sedikit agar tidak memaksakan diri di akhirnya nanti untuk menyelesaikannya hingga begadang.