5 Olahraga Ini Bisa Merusak Keperawanan

By Unknown → Selasa, 19 November 2013
Onthespotv7.com - Olahraga memang menyehatkan, tapi bagi wanita yang belum menikah sebaiknya hati-hati melakukannya. Sebab, beberapa olahraga justru dapat merusak keutuhan selaput dara atau yang sering disebut-sebut sebagai lambang keperawanan.

Hymen atau selaput darah adalah jaringan tipis yang menghambat benda asing masuk ke vagina. Selaput dara biasanya akan pecah ketika wanita melakukan hubungan seksual pertama. Masturbasi juga bisa memecahkan selaput dara yang ketat atau tipis.

Ketika selaput dara pecah, wanita biasanya merasakan perdarahan ringan atau nyeri. Tapi hal tersebut tidak selalu menjadi patokan, karena lubrikasi yang baik bisa saja membuat selaput dara rusak tanpa perdarahan.

Namun hubungan seksual bukan satu-satunya hal yang bisa merusak selaput dara. Olahraga tertentu pun dapat mempengaruhi regangan atau bahkan merusak selaput dara.

Tapi Meskipun selaput dara bisa pecah karena olahraga, bukan berarti wanita tidak perawan lagi. Olahraga tertentu dapat meregangkan otot-otot panggul tetapi tidak membuat berdarah atau mempengaruhi keperawanan. Inilah sebabnya, wanita yang sering olahraga biasanya tidak akan mengalami perdarahan saat melakukan hubungan seks pertama kali.

Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat meregangkan atau bahkan merusak selaput dara, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Olahraga Perusak Selaput Dara - Berenang

Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Risiko rusaknya selaput dara saat berenang memang tidak terlalu besar, tapi gerakan berenang yang berlebihan juga dapat meregangkan selaput dara. Kerusakan selaput dara bisa terjadi tergantung pada tekanan yang diberikan pada otot-otot panggul.

2. Olahraga Perusak Selaput Dara - Senam lantai

Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Tidak semua latihan senam lantai dapat mengancam selaput dara, tergantung pada peregangan dan tekanan yang terjadi pada selaput dara. Namun latihan dengan gerakan terlalu ekstrem lebih mungkin membahayakan keutuhan selaput dara.

3. Olahraga Perusak Selaput Dara - Berkuda

Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Sama dengan bersepeda, berkuda juga berisiko merusak selaput dara wanita. Tekanan pada otot panggul diyakini bisa meregangkan selaput dara, ditambah dengan risiko terjatuh yang lebih tinggi.

4. Olahraga Perusak Selaput Dara - Bersepeda

Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Duduk berlama-lama di atas sadel sepeda dapat meregangkan otot panggul wanita. Gerakan dan tekanan berulang pada sadel juga dapat merusak selaput dara.

5. Olahraga Perusak Selaput Dara -  Peregangan

Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Latihan peregangan, khususnya latihan split (meregangkan kedua kaki hingga lurus) bisa meregangkan selaput dara pada wanita. Melakukan latihan ini dengan cepat dan secara terus-menerus bahkan juga bisa merusak keutuhan selaput dara.