5 Alasan Kenapa Pacaran Bisa Mengakibatkan Kehamilan

By Berita Unik → Kamis, 28 November 2013
Onthespotv7.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian remaja sudah pernah melakukan hubungan seks sebelum menikah. Ada banyak alasan yang mendasari perilaku 'kebablasan' tersebut, termasuk kurangnya pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan reproduksi.

Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi mencakup banyak hal, termasuk di antaranya pengetahuan tentang dampak-dampak negatif dari perilaku seks berisiko. Makin paham tentang kesehatan reproduksi, diyakini para remaja akan semakin menjauhi seks sebelum menikah.

Survei Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKRRI) 2012 mengungkap, 8,3 persen remaja pria dan 0,9 persen remaja wanita mengaku pernah berhubungan seks sebelum menikah. Alasan yang menyebabkan para remaja ini 'kebablasan' dalam berpacaran adalah sebagai berikut:

1. Penasaran atau ingin tahu

Pacaran
Foto : Ilustrasi
Remaja bukan anak polos yang tidak butuh tahu apa-apa, dan sangat membutuhkan informasi kesehatan reproduksi. Kurangnya akses informasi yang benar membuat remaja cenderung mencoba-coba hal baru karena dunia orang dewasa di matanya tampak seperti 'misteri' yang menarik untuk diungkap.

SKRRI 2012 mengungkap, 57,5 persen remaja pria dan 11,3 persen remaja wanita melakukan hubungan seks untuk pertama kali dengan alasan penasaran atau ingin tahu.

2. Dipaksa pasangan

Pacaran
Foto : Ilustrasi
Alasan yang paling mengkhawatirkan saat para remaja melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya adalah karena dipaksa pasangan. Pemaksaan seperti ini dialami oleh 1,7 persen remaja pria dan 12,6 persen remaja wanita.

3. Terjadi begitu saja

Pacaran
Foto : Ilustrasi
Soedibyo mengatakan, kurangnya pemahaman tentang seksualitas membuat sebagian remaja tidak benar-benar paham apa yang dilakukan, maupun dampak-dampak negatif yang mungkin akan dihadapinya. Termasuk dalam hal ini, saat berhubungan seksual untuk pertama kalinya.

Hasil SKRRI 2012 menunjukkan 22,3 persen remaja pria dan 38 persen remaja wanita melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya dengan alasan 'terjadi begitu saja'.

4. Pengaruh teman

Pacaran
Foto : Ilustrasi
Pengaruh lingkungan cukup berperan dalam membentuk perilaku remaja, termasuk dalam urusan seks. Sebanyak 1,2 persen remaja pria dan 1,2 persen remaja wanita mengaku berhubungan seks untuk pertama kalinya karena pengaruh teman.

5. Ingin menikah

Pacaran
Foto : Ilustrasi
Terkadang, hubungan seks sebelum menikah dilakukan karena pasangan remaja sudah mantab ingin menikah. Dalam bayangannya, cepat atau lambat pasangan tersebut akan melakukan hal tersebut. Alasan ini mendasari 1,9 persen remaja pria dan 1,4 persen remaja wanita saat pertama kali melakukan hubungan seks.