5 Musisi Terkenal yang Mempunyai Kekurangan Fisik

By Unknown → Sabtu, 12 Oktober 2013
Onthespotv7.com - Mempunyai bentuk atau fungsi tubuh yang tidak sempurna terkadang menjadi kekurangan yang dapat  membuat seseorang depresi. Tak jarang, hal itu juga menjangkiti para musisi yang merasa tidak mampun untuk berkarya lagi.

Namun, ada lima musisi terbaik dunia yang hidup untuk membuktikan bahwa ketidaksempurnaan fisik tidak pernah menjadi halangan untuk berkarya.

1. Musisi Legendaris -  Ludwig Van Beethoven

Musisi Terkenal yang Mempunyai Kekurangan Fisik

Beethoven, siapa yang tidak kenal dengan ketenaran namanya? Kompsoser paling berpengaruh di abad ke-17 dengan sejumlah simfoni musik abadi hingga saat ini.

Sejak kecil Ludwig Van Beethoven sudah mempelajari musik dari ayahnya sendiri, sampai kemudian dia mengalami masalah pendengaran di usia 26 tahun. Sampai akhirnya Beethoven benar-benar tidak bisa mendengar di usianya yang menginjak 44 tahun, sekitar tahun 1814.

Namun tidak ada yang menyangka bahwa sampai 10 tahun setelahnya, pria kelahiran Jerman itu masih mampu menciptakan simfoni-simfoni baru. Untuk melanjutkan karyanya dalam bermusik, tiap kali bermain piano, dia membuat sebuah tongkat di papan suara pianonya. Tongkat itu dia gigit, dan tiap kali tongkat itu bergetar Beethoven mampu menangkap setiap nada-nada yang keluar.

2. Musisi Legendaris - Stevie Wonder

Musisi Terkenal yang Mempunyai Kekurangan Fisik

Lahir secara prematur membuat kedua mata Stevie Wonder tidak mampu bereaksi dengan baik dan mengakibatkan kebutaan pada akhirnya. Tapi mungkin, pemilik nama asli Stevland Hardway Morris itu memang sudah ditakdirkan menjadi seorang musisi terbaik dunia hingga saat ini.

Stevie Wonder memulai kegiatan bermusiknya sejak usia 13 tahun saat dirinya merekam lagu pertamanya. Dari situ, Stevie tumbuh menjadi seorang penyanyi, pencipta lagu dan produser yang hebat dengan keahlian memainkan piano, harmonika dan alat musik lainnya.

Sebagai solois, Stevie Wonder berhasil merilis kurang lebih 25 album sejak tahun 1952 sampai 2005. Lebih dari 40 single hits berhasil tersebar luas di seluruh dunia dan sekaligus membuktikan bahwa buta bukanlah penghalang seseorang untuk berkarya.

3. Musisi Legendaris - Rick Allen

Musisi Terkenal yang Mempunyai Kekurangan Fisik

Gitaris dengan jari tangan palsu saja sudah membuat heran, apalagi seorang drummer yang hanya mempunyai satu tangan? Bahkan sang drummer itu masih tercatat aktif di sebuah band rock gaek Def Leppard. Drummer tersebut adakah Richard John Cyril Allen atau dikenal dengan Rick Allen.

Bergabung dengan Def Leppard di tahun 1980, Rick mengalami kecelakaan mobil di tahun 1984 yang membuatnya harus kehilangan tangan kirinya secara utuh. Sempat depresi, teman-teman bandnya ternyata terus memberikan semangat, salah satunya dengan ide merakit drum khusus untuk Rick. Dua tahun setelahnya, Rick sudah tampil kembali di atas panggung dan Def Leppard pun merilis album keempatnya.

Sebagai wujud rasa syukur, Rick Allen kemudian mendirikan 'Raven Drum Foundation' dan 'One Hand Drum Company' untuk membantu pemusik maupun bukan, dengan acara-acara kemanusiaan.

4. Musisi Legendaris - Tony Iommy

Musisi Terkenal yang Mempunyai Kekurangan Fisik

Dikenal sebagai gitaris untuk sebuah band metal legendaries Black Sabbath, Tonny Iommy tampil sempurna menyihir seluruh penggemar Black Sabbath dari atas panggung. Petikan senar gitar sampai distorsi kasar yang menghiasi lagu-lagu Black Sabbath pun hampir semua berasal dari gitarnya.

Tidak ada yang tahu bahwa ternyata gitaris terbaik ranking ke-25 dunia itu justru tidak mempunyai jari yang utuh. Pada usia 17 tahun, dalam sebuah kecelakaan pabrik industri, Tony kehilangan ujung jari tengahnya. Untuk mengatasi kekuranganya tersebut, Tony membuat sebuah 'jari palsu' pada tanganya. Dia melelehkan botol plastik untuk dibentuk dan dipasang di jari jarinya untuk kemudian ditutup dengan kulit.

Jadilah sampai hari ini, panggung musik dunia masih dapat mendengar karya-karya terbaiknya bersama Ozzy Osbourne dan Geezer Butler.

5. Musisi Legendaris - Brian Wilson

Musisi Terkenal yang Mempunyai Kekurangan Fisik

Lahir dengan nama asli Brian Douglas Wilson, namanya kemudian populer setelah bergabung mendirikan grup musik bernama The Beach Boys. Sejak saat itu, nama Brian Wilson dikenal luas sebagai pencipta karya-karya terbaik The BEach Boys.

Tidak hanya mencipta lagu, Brian juga masuk dalam jajaran 100 penyanyi terbaik sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone di tahun 2008. Pria kelahiran 71 tahun silam itu juga sempat menjadi produser musik sejak tahun 60-an hingga saat ini.

Tapi siapa yang menyangka, kalau ternyata telinga kanan Brian Wilson mengalami masalah pendengaran. Hal itu terjadi ketika masih kecil ayahnya pernah memukul kepalanya dan menjadikan telinganya tidak berfungsi dengan baik.