10 Film Jepang Terkenal dan Populer

By Unknown → Senin, 13 Mei 2013
Onthespotv7.com - Sejarah film Jepang pertama kali di produksi pada tahun 1898 yaitu dua film pendek berjuduk Bake Jizō (Setan Jizō) dan Shinin no Sosei (Mayat Bangkit). Ketika film jaman dahulu hanya disajikan dalam bentuk visual dan belum mengenal audio, namun lain halnya dengan film jepang jaman dahulu yang memiliki 'audio' namun menggunakan benshi atau narator yang menceritakan jalannya film dan membawakan dialog pemainnya sekaligus.

Dari era ke era seperti film dari negeri lainnya film jepang juga memiliki film film populer atau terkenal baik di negeri asalnya sendiri maupun yang mendunia dan beberapa diantaranya meraih penghargaan tertinggi dalam ajang festival film. Penasaran judul film - film jepang terkenal tersebut.

Berikut 10 Film Jepang yang terkenal dari masa ke masa yang saya rangkum dari berbagai Sumber.

1. Kabei: Our Mother (2008)


Kabei: Our Mother  : adalah sebuah film biografi yang di produksi pada tahun 2008 dan dibintangi Tadanobu Asano, Mirai Shida dan Cheiko Baisho. Film ini bercerita tentang hari-hari masa kecil Teruyo Nogami, seorang penulis film terkenal.

2. Love and Honor ( Bushi no ichibun ) (2006)


Love and Honor atau Bushi no ichibun adalah sebuah film drama romantis populer dari tahun 2006. Dibintangi Takuya Kimura, Rei Dan dan Mitsugoro Bando. Film ini menceritakan hubungan antara samurai buta dan istrinya, yang melakukan pengorbanan untuk mempertahankan kehormatannya.

3. The Hidden Blade ( Bushi no ichibun ) (2004)


Merupakan sebuah film drama romantis. Awalnya film ini disebut "Kakushi ken oni Tsume no" . Film ini bersetting di tahun 1860-an Jepang. Film ini dibintangi Masatoshi Nagase, Takako Matsu dan Hidetaka Yoshioka.

4. Japanese Wife (2010)


The Japanese Wife adalah film yang mengisahkan tentang sepasang sahabat pena dari dua negara yang berbeda yaitu Snehamoy Chatterjee (Rahul Bose) dari India dan Miyage (Chigusa Takaku) dari Jepang. Berawal dari kesenangan mereka berinteraksi melalui surat, ternyata berhasil membawa hubungan mereka bergerak lebih jauh.

5. Taste of Tea (2004)


Taste of Tea Awalnya berjudul  Cha no aji. Taste Of Tea adalah film Jepang tahun 2004. Film yang bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga yang tinggal Haruno di utara wilayah pedesaan Tokyo. Bintang film Maya Banno, Takahiro Sato dan Tadanobu Asano.

6. Mushi-Shi (2004)


Mushi-Shi juga dikenal dengan judul lain bugmaster adalah sebuah film tahun 2006 berdasarkan dari seri  al manga Jepang. Dibintangi Jo Odagiri, Nao Ohmori dan Yu Aoi, Sebuah adaptasi dari manga karya Yuki Urushibara, yang menceritakan seorang bugmaster (klo di indo bisa dibilang pawang serangga) yang bernama Ginko. berkah yang dimilikinya ini meski hanya beberapa orang saja yang tahu. Mushi (begitu pawang ini disebut) dengan rambut peraknya, dan kehilangan ingatannya bertualang keliling Jepang sambil menyelamatkan yang butuh pertolongan. Saat dalam pencariannya dia bertemu dengan Tanyu seorang bugmaster pincang yang mencatat sejarah mushi dengan mengkunci mereka dalam sebuah gulungan. Saat seorang mushi menyerang Tanyu dan membawa gulungan itu pergi, Ginko harus menyelamatkannya dan disaat yang sama harus menyelamatkan sebuah jejak jaman yang hampir musnah.

7. Under the Flag of the Rising Sun (1972)


Under the Flag of the Rising Sun adalah film terlaris Jepang pada tahun 1972. Film yang bercerita  tentang seorang janda perang bertekad untuk membersihkan nama suaminya. Bintang film Tetsuro Tanba, Sachiko Hidari dan Shinjiro Ebara.

8. Hana (2006)


Hana atau yang dikenal di Jepang dengan judul Hana yorimo Naho adalah film yang dibintangi Junichi Okada, Rie Miyazawa dan Arata Furuta. Hana (Hana Yori mo Naho – 花よりもなほ) adalah film type Japanese black comedy yang dibuat tahun 2006 disutradarai Hirokazu Koreeda. Film ini bercerita tentang seorang samurai muda bernama Sozaemon (Junichi Okada), yang datang dari Matsumoto ke Edo untuk mencari pembunuh ayahnya dan membalas dendam.

9. Shall We Dance (1996)


Satu lagi film populer Jepang adalah Shall We Dance. Film yang bercerita tentang seorang akuntan Jepang yan menemukan gairah baru ketika ia diam-diam mengambil pelajaran dansa ballroom. Bintang film Koji Yakusho, Tamiyo Kusakari dan Naoto Takenaka.

10. Departures (2008)


Film Jepang yang paling populer adalah Departures.Film Ini memenangkan Academy Award 2009 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Film yang bercerita tentang seorang pemuda pemain cello yang beralih profesi menjadi pengantar mayat karena kelompok orkesnya bubar. Bintang film Masahiro Motoki, Ryoko Hirosue dan Tsutomu Yamazaki.