10 Dampak dan Efek Buruk Akibat Merokok

By Unknown → Senin, 13 Mei 2013
Efek Samping Dari Merokok - Sebelum Anda mengetahui efek samping dari merokok maka kita lihat dulu kandungan zat yang ada dalam rokok. Anda pasti tahu bahwa rokok mengandung bahan nikotin, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan kecanduan bagi yang mengkonsumsinya, oleh karena itu kenapa pecandu rokok tidak bisa lepas dari kebiasaan merokok, mereka merasa harus mengkonsumsi rokok, jika mereka tidak merokok seperti ada sesuatu yang kurang dan merasa tidak enak. Sayangnya rasa kecanduan ini lebih di utamakan dari pada memikirkan dampak buruk akibat merokok, Jadi buat Anda yang belum pernah merasakan rokok jangan coba coba untuk mencobanya karena akan sangat sullit melepasnya. Selain nikotin ada beberapa zat berbahaya lainnya yang terkandung didalam rokok. Berikut adalah beberapa zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok :
  • Nikotin, yaitu kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, yaitu senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Metanol (alkohol kayu), yaitu alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Formaldehida, adalah cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, adalah racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, adalah bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, yaitu bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.
Inilah efek samping dari akibat kebiasaan merokok.


1. Merokok Menyebabkan Kanker Paru - Paru. 
Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.
2. Merokok Dapat Menyebabkan Kanker kandung Kemih
Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.
3. Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Payudara
Perempuan yang merokok berisiko terkena kanker payudara dan kanker servik. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada umur 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.
4. Dampak buruk akibat merokok lainnya adalah adanya Kanker kerongkongan, Kanker pencernaan, Kanker ginjal, Kanker mulut.
5. Merokok Dapat Menyebabkan Serangan jantung
Zat Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Bila jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah yang tinggi, maka dapat menyebabkan serangan jantung.
6. Merokok Dapat Menyebabkan Impotensi
Merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. karena merokok dapat merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Bila seseorang sudah mengalami impotensi, maka dapat menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.
7. Gangguan Medis lainnya
misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, merusak otak dan menghilangkan ingatan secara bertahap,mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.
8. Merokok Dapat Meyebabkan Kulit Keriput
Kulit akan menjadi cepat keriput karena kinerja sel-sel menurun yang membutukan oksigen
9. Dampak buruk akibat merokok lainnya adalah menurunnya perekonomian, memang rokok harganya tidak terlalu mahal, akan tetapi bisa kita bayangkan berapa rupiah yang harus dikeluarkan oleh perokok untuk membeli rokok dalam satu tahunnya bila dalam 1 hari manghabiskan beberapa bungkus rokok.
10. Dampak buruk akibat merokok lainnya adalah menyebabkan kematian.
Itulah akibat dan dampak buruk akibat merokok yang akan timbul apabila kita merokok, merokok adalah tindakan bodoh yang akan menyebabkan kematian dengan cepat.
Berhenti dan Matikanlah Rokok Anda Sebelum Mematikan Anda dan Orang - Orang Disekitar Anda!!!