5 Lagu Tentang Kematian dari Musisi Dunia

By Unknown → Jumat, 28 Juni 2013
Kematian adalah sesuatu yang akan datang pada manusia. Berbagai pesan tentang kematian disampaikan. Bahkan, sampai pesan kematian pun disampaikan lewat lagu. Tidak terkecuali para musisi dunia berikut ini. Siapa saja musisi yang menciptakan lagu dengan pesan kematian? Berikut 5 Musisi Dunia yang menciptakan Lagu Tentang Kematian.

1. Hank Williams - I'll Never Get Out of This World Alive


Di era 30-an, penyanyi country tersohor asal Amerika, Hank Williams memulai cerita tentang pesan kematian ini. Hank meninggal ketika menjelang konsernya di West Virginia, Amerika, seketika dia mengeluh tidak enak badan dan kemudian meminta dokter.
Namun sayang setelah berjuang keras, nyawanya tetap tak terselamatkan. Ketika pihak penyelanggara mengumumkan hal ini, penonton yang hadir sempat tertawa dan mengira hal itu hanya candaan promotor belaka.
Kisah ini begitu pas dengan lagu yang dia tulis pada 1952, 'I'll Never Get Out of This World Alive', sekeras apapun perjuangan Hank saat itu, dia tetap meninggal sebelum pergi dari dunia musik. Lagu ini kemudian dirilis pada 1953 dan berada di puncak tangga lagu Billboard selama enam minggu berturut-turut.

2. John Lennon - Borrowed Time


Pada 1984 bisa dibilang menjadi tahun berkabung yang paling dalam di dunia musik, karena pada Desember tahun itu pendiri The Beatles dan ikon musik dunia, John Lennon tewas tertembak empat kali di depan pintu masuk rumah oleh fansnya sendiri.
Seperti musisi lainnya di daftar ini, John pun berpesan lewat lagu 'Borrowed Time' di album 'Milk and Honey' yang rills enam bulan sebum kematiannya. 'Living on borrowed time / with a though for tomorrow' itulah lirik yang cukup menegaskan kematian John kala itu. Memang banyak penggemarnya yang mengkritik tingkah laku Jonh Lennon yang kadang tidak sesuai dengan lagu yang dia tulis, namun kali ini sepertinya sesuai bukan.

3. Tupac Shakur - Niggas Done Changed


Rapper dan actor legendaris Tupac Shakur pun ternyata juga memiliki pesan kematian di lagu yang ia nyanyikan. Lagu berjudul 'Niggas Done Chaged' itu mengandung lirik yang menceritakan bagaimana seseorang dibunuh. 'I been shot and murdered / can tell you know it happened word for word / But best believe niggas gon' get what they deserve'.
Sayangnya hal itu kemudian terjadi pada rapper kontroversial ini, dia dibunuh dengan cara ditembak seusi menonton pertandingan tinju Mike Tyson di Las Vegas. Namun ada satu keganjilan, tidak ada satupun saksi mata yang menyanksikan pembunuhan itu, sehingga kabar yang beredar, Tupac Shakur sengaja menciptakan kematiannya pura-pura.
Tidak mengherankan memang, karena setelah kematiannya, penyanyi dengan nama panggung 2pac ini merilis enam album baru sampai pada 2006.

4. Lynyrd Skynyrd - That Smells


Lagu 'That Smells' ditulis oleh sang vokalis Ronnie Van Zart sebagai ekspresi kekecewaannya kepada Gary Rossington (gitaris) yang ketergantungan narkoba dan alkhol.
Lirik berbunyi 'Say you'll be alright come tomorrow, but tomorrow might not be here for you / Angel of darkness upon you / The smell of death surrounds you' itulah yang terdengar seperti kutukan.
Tak disangka, kekuatan pada lirik itu terjadi berselang tiga hari setelah album 'Street Survivors' yang berisi lagu tersebut dirilis. Pesawat yang ditumpangi Lynyrd Skynyrd jatuh di sebuah hutan dan seluruh personel meninggal terbakar kecuali sang gitaris Gary Rossington. 
Kebetulan mengerikan lainnya adalah cover album itu menggambarkan foto seluruh personel dengan api yang berkobar di belakangnya. 

5. Jimi Hendrix - The Ballad of Jimi


Cerita mistis yang terkesan kebetulan terjadi ketika untuk pertama kali Jimi Hendrix merekam lagu ini pada 1965. Lagu ini diciptakan sebenarnya untuk mengenang sahabat Jimi Hendrix, Jimi yang sudah meninggal. 
Secara tiba-tiba Jimi Hendrix menambahkan lirik yang justru terkesan lagu ini adalah tentang dirinya. Jima Hendrix meninggal karena tercekik saat dia tersedak muntahnya sendiri. 
Saat itu Jimi yang mengalami ketergantungan pil tidur, sepertinya sedang mabuk dan muntah, namun sayang dia tidak sanggup untuk bangun dari tempat tidurnya.